Rabu, 07 Oktober 2009

Konjektur Goldbach

Baru saja saya menemukan salah satu artikel di wikipedia yang berhubungan dengan matematika. Kebetulan saya juga salah satu dari sekian banyak orang yang tertarik untuk bermain angka. Pada bagian kolom Tahukah anda ada sebuah judul yang menarik menurut saya yaitu bunyinya ''... bahwa ada 7 masalah matematika yang tak terpecahkan dan Anda akan mendapat sejuta dolar jika sanggup memecahkan setiap masalahnya?". Bagi saya bukan masalah hadiahnya, tetapi betapa sulitkah soal tersebut sehingga sampai-sampai dihargai sebesar itu? Dan inilah sebagian isi dari artikel tersebut :

Konjenktur Goldbach adalah salah satu persoalan yang belum terpecahkan dalam teori angka dan bahkan dalam matematika secara keseluruhan.

Konjektur Goldbach berbunyi:“ Setiap bilangan bulat genap yang lebih besar dari 2 dapat ditulis sebagai jumlah dari dua bilangan prima ”

Contoh:
  4 = 2 + 2
  6 = 3 + 3
  8 = 3 + 5
10 = 3 + 7 = 5 + 5
12 = 5 + 7
14 = 3 + 11 = 7 + 7
dst.

Konjektur Goldbach pertama kali disebut oleh Christian Goldbach dalam suratnya kepada Euler pada tahun 1742. Dalam suratnya, Goldbach melaporkan bahwa bilangan genap lebih dari atau sama dengan 4 bisa ditulis sebagai hasil penjumlahan dua buah bilangan prima, akan tetapi dia tidak berhasil membuktikan kebenaran daripada konjekturnya tersebut.

Soal ini sangat sederhana apabila dilihat dari bunyinya, apalagi contoh penerapannya sangat sering kita alami, bahkan kita sudah mengenal penjumlahan sederhana tersebut dimulai dari sekolah tingkat dasar atau masih kanak-kanak. Tetapi anehnya jika ditanya kebenaran dari hal tersebut, bahkan si penemu konjekturnya bingung dalam hal pembuktiannya. 

Adakah yang tertarik membantu Goldbach? hehehe

Dikutip dari :

http://id.wikipedia.org/wiki/Konjektur_Goldbach

1 komentar:

  1. Blog yang bagus ...
    mohon kunjungan baliknya ya ...
    http://gemarmatematika21.blogspot.com/

    BalasHapus